Harga BBM PSO Tak Naik, Pertamina Rugi Rp19 Triliun

SPBU Pertamina di Kuningan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – PT Pertamina menyampaikan kehilangan potensi pendapatan perusahaan akibat tidak naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) yang diatur oleh Pemerintah. Kehilangan pendapatan mencapai Rp19 triliun selama sembilan bulan pertama tahun 2017.

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

Sebagaimana diketahui, harga BBM yang diatur pemerintah (PSO) di antaranya yaitu premium penugasan, solar bersubsidi dan minyak tanah. Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik mengatakan, selama sembilan bulan pertama 2017 kenaikan  harga minyak mentah Indonesia secara rata-rata mencapai 30 persen. Namun, tak diiringi dengan kenaikan harga BBM yang diatur oleh pemerintah.

"Kalau sesuai formula, pendapatan kita US$32,8 miliar (kuartal III). Karena (harga BBM) enggak disesuaikan maka kita hanya dapat US$31,38 miliar. Hampir US$1,5 miliar (hilang), dikalikan 13 ribu maka hampir Rp19 triliun," kata Massa di Jakarta, Kamis 2 November 2017.

Besok, Bos Pertamina Bongkar Kisah Nyata Ahok di Penjara

Ia berharap, penyesuaian harga tetap dilakukan setiap tiga bulan. Kendati demikian, juga diharapkan konsumen mampu memperoleh harga yang terbaik. "Kita kekurangan pendapatan karena harga enggak disesuaikan. Tapi it's okay. Ini kan kebijakan pemerintah dinikmati oleh konsumen Pertamina. Konsumen dapat harga BBM yang lebih murah," ujar dia.

Dia menambahkan, Pertamina masih dapat bertahan sekalipun harus menopang investasi untuk kebijakan BBM satu harga di Indonesia. Selama ini keuangan perusahaan masih baik dengan investasi di berbagai wilayah.

Erick Thohir Rombak Direksi Pertamina, Mulyono Jadi Direktur Logistik

"Kita masih bertahan, kalaupun misalnya dengan kebijakan BBM satu harga, lalu harga gak naik. Yes, kita survive. Tapi dampaknya nanti ke depan, misalnya kita dapat tambahan satu billion US dollar (pendapatan)  bisa kita gunakan untuk investasi masa depan kita." (mus)

Hoax gara-gara HTI Pertamina rugi Rp11 Triliun

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Pertamina mengalami kerugian Rp11 triliun. Benarkah gara-gara HTI?

img_title
VIVA.co.id
2 September 2020