Setahun, Pengangguran Bertambah 10 Ribu Orang

Ribuan pencari kerja memadati Job Fair.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Badan Pusat Statistik menyebutkan jumlah pengangguran di Indonesia tercatat 7,04 juta orang pada Agustus 2017. Angka ini meningkat 10 ribu orang dibandingkan pada tahun lalu yaitu 7,03 juta orang yang menganggur.

Kelas Menengah Tiongkok Dalam Kecemasan

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, M. Sairi Hasbullah, menjelaskan, meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia lebih disebabkan kenaikan jumlah masyarakat yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan, sehingga suplai tenaga kerja pun bertambah.

“Tingkat pengangguran agak naik dari Agustus 2016 ke Agustus 2017. Agustus dulu juga banyak tapi ini lebih banyak,” kata Sairi, di Jakarta, Senin, 6 November 2017.

Ekonomi Sulit, Para Pengangguran di Tiongkok Terpaksa Tidur di Pipa Saluran Pembuangan

Kebanyakan pengangguran juga teridentifikasi lantaran memiliki orangtua yang relatif mampu. Para pekerja baru yang masih mendapatkan dukungan materi dari keluarganya, cenderung tidak terlalu menerima desakan untuk mendapatkan pekerjaan.

“Karena dia masih mendapatkan support, dia tidak akan buru-buru mencari kerja, dan mencari yang pas. Berbeda dengan yang lain, mencari kerja karena memang kebutuhan mendesak,” ujarnya.

Bocah SD Disiksa dan Dipaksa Ngamen sampai Larut Malam oleh Ortu Pengangguran

Hal tersebut diperkuat dari data otoritas statistik, yang menyebutkan hampir 42,13 persen penduduk yang bekerja adalah masyarakat dengan pendidikan sekolah dasar ke bawah. Sementara itu, total penduduk pekerja dengan pendidikan tinggi hanya 12,06 persen.

Tingkat pengangguran tertinggi pun berada pada jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan dengan persentase 11,41 persen. Adapun tingkat pengangguran terendah terdapat pada penduduk berpendidikan sekolah dasar ke bawah dengan persentase 2,62 persen.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

Ekonom senior Didik Junaidi Rachbini mengingatkan kepada presiden terpilih tentang perang antara Iran dengan Israel yang berpotensi membikin perekonomian RI berantakan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024