Baru 10 Persen Masyarakat RI Melek Keuangan Syariah

Ilustrasi keuangan syariah
Sumber :
  • Halomoney

VIVA – Bank Indonesia menyebut, hampir 90 persen masyarakat Indonesia belum melek kondisi ekonomi syariah nasional. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pemangku kepentingan terkait dalam memaksimalkan potensi keuangan syariah. 

OJK Sebut Keuangan Syariah Belum Optimal Dukung Industri Halal RI

Hal tersebut dikemukakan Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Anwar Bashori saat berbincang dengan awak media, dalam rangkaian Indonesia Shari’a Economic Festival 2017, di Grand City Convention Centre, Surabaya, Jakarta Timur.

“Keuangan syariah itu berdasarkan data OJK, kurang dari 10 persen pengenalan dari literasi keuangan syariah,” kata Anwar.

Punya Penduduk Muslim Terbesar, Kenapa Keuangan Syariah RI Masih Kalah dari Malaysia?

Selain karena pemahaman yang minim, BI menilai, diperlukan dukungan pemerintah untuk menggali lebih dalam potensi ekonomi syariah. Apalagi di beberapa negara dengan mayoritas penduduk non muslim, dukungan pemerintah mampu meningkatkan potensi ekonomi syariah.

“Kenapa Malaysia bisa sukses? Kenapa Thailand yang mayoritasnya non muslim bisa sukses? Jadi yang pertama adalah dukungan dari pemerintah,” katanya.

Keuangan Syariah RI Tumbuh, OJK Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Menurut Anwar, ada beberapa sektor syariah yang bisa dimaksimalkan untuk menjadi mesin penggerak perekonomian nasional. Misalnya, seperti sektor makanan dan minuman, fesyen, sampai dengan peningkatan sektor pariwisata domestik.

“Arab Saudi itu travel hanya punya gedung. Kita punya hotel, Nusa Tenggara Barat, Raja Ampat. Tinggal halal dan thoyibnya,” katanya.

Ilustrasi keuangan syariah

Memahami 5 Tujuan dalam Prinsip Keuangan Syariah

Bagi yang menggunakan produk atau layanan keuangan syariah, penting untuk memahami konsep maqashid syariah, yang merujuk pada tujuan dari prinsip-prinsip syariah.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024