Tutup Tahun, Indonesia Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA – Indonesia masih optimistis pertumbuhan ekonomi hingga akhir 2017, bisa terkatrol hingga 5,3 persen.

Sosialisasi Pajak Bareng Sri Mulyani, Ganjar Minta Warga Jangan Takut

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, target pertumbuhan untuk kuartal IV itu kukuh dipatoknya merujuk dari pertumbuhan di kuartal III Indonesia.

"Dengan komposisi investasi dan ekspor kuat dan kita bisa jaga daya beli dan harga-harga pada kuartal IV, mungkin kuartal IV kita masih bisa berharap 5,3 persen," kata Ani, sapaan akrabnya di Kementerian Keuangan, Jumat 10 November 2017.

Soal Banjir Rob, Bupati Demak Curhat ke Sri Mulyani Minta Bantuan

Dengan itu, jika pencapaian itu tercapai, maka secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk 2017, kata Ani, masih akan dalam rentang 5,10 hingga 5,17 persen.

Baca Juga:

Sri Mulyani Akui 20 Tahun Desentralisasi Fiskal Banyak PR, Apa Saja?

Ani menyebutkan, guna mencapai itu, maka pemerintah akan mengakselerasi belanja negara dan memastikan seluruh kebutuhan dan programnya, baik di kementerian maupun lembaga berjalan dengan baik.

"Kalau dilihat dari kuartal IV ini, terutama kenaikan dari sisi penerimaan dan belanja akan berjalan bersama-sama," ujarnya.

Atas itu, Ani optimistis jika di 2017, akan bisa lebih baik dibanding 2016. Terutama, merujuk dari volume total belanja yang dilakukan hingga kuartal IV.

"Jadi, year-on-year growth positif, sehingga berdampak positif ke pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya