Korea Selatan Tawarkan Sistem Pengendali Macet ke Indonesia

Ilustrasi macet Jakarta
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aprillio Akbar

VIVA – Pemerintah Korea Selatan menawarkan sistem pengendali kemacetan lalu lintas ke Indonesia. Sistem yang dinamai Intelligence Transportation System (ITS) itu disebut-sebut mampu membuat sistem di jalan tol dapat terintegrasi.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, sistem itu mirip dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) yang ditawarkan oleh Hungaria belum lama ini.

"Nanti kita lihat juga teknologinya seperti apa. Jadi kami masih melihat keseluruhan sistemnya," ujar Arie usai pertemuan dengan perwakilan Korea Selatan, Jumat, 10 November 2017.   

Profil Areum Eks T-ARA, Karier hingga Alami KDRT dan Nyaris Akhiri Hidup

Sementara itu, sistem yang ditawarkan tersebut masih akan menjalani studi kelayakan dahulu pada bulan Juni 2018. Ia berharap, jika memang ini bisa dipergunakan, maka akan menjadi perbaikan bagi 3.000 kilometer ruas tol di Indonesia.

Tak cuma itu, Arie juga berharap agar sistem itu juga bisa direplikasikan di jalan arteri di seluruh Indonesia. "(Harapannya) di semua jalan yang akan dilintasi," ujarnya. (ase)

Alami KDRT dan Dikhianati Jadi Alasan Areum Eks T-ARA Lakukan Percobaan Bunuh Diri?
Lee Sun Kyun

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya

Kabar duka datang dari keluarga mendiang Lee Sun Kyun aktor Korea Selatan yang telah meninggal dunia beberapa bulan lalu. Pada 27 Maret, ayah Lee Su Kyun meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024