Strategi Jokowi Bikin Qatar Investasi di Indonesia

Presiden Jokowi Ajak Emir Qatar Tanam Pohon dan Keliling Istana Bogor
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya, bertemu dengan Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani beberapa waktu lalu. Jokowi pun mengaku sempat merayu Emir untuk investasi di Indonesia. 

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Sebagai informasi, Qatar termasuk negara  kaya di dunia. Banyak investasi negara itu di Eropa hingga Amerika, namun di Indonesia investasinya masih sedikit. 

"Saya sampaikan kepada Emir Qatar, dia juga kaget. Kalau mau investasi jangan jauh-jauh, enggak usah ke Eropa, Amerika, karena investasi beliau banyak di sana. Indonesia ini siap menerima investasi dari Qatar," kata Jokowi, di Istana Bogor, Kamis 16 November 2017.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

Rayuan Jokowi itu, karena menurutnya antara dia dan Syekh Tamim sangat dekat. Bahkan Emir Qatar itu memanggil dengan sebutan Jokowi saja, bukan lazimnya yang lain dengan panggilan 'Presiden Jokowi'. Begitu juga Jokowi memanggilnya dengan nama 'Tamim' tanpa ada kata 'Syekh'. 

Menurut Jokowi, Tamim pun berjanji akan serius menggelontorkan uangnya ke Indonesia. Karena itu akan dibentuk tim khusus antara kedua pihak untuk mengindentifikasi investasi apa yang bisa dilakukan. 

ASEAN-BAC: Thailand Jadi Contoh yang Berhasil Memanfaatkan Potensi Investasi Asing di ASEAN

"Dan beliau janji, Jokowi, saya akan siapkan tim khusus di Indonesia. Saya juga sampaikan, saya segera siapkan tim besar dari Indonesia untuk menyambut  investasi yang diberikan Qatar pada Indonesia," tambahnya. (hd)

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024