Penghapusan Listrik di Bawah 5.500 VA Tunggu Respons Rakyat

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – PT PLN (Persero) menyatakan masyarakat bebas melakukan tambah daya atau tidak dalam penerapan kebijakan penyederhanaan golongan listrik. Kebijakan ini pun masih menerima masukan dari semua pihak baik dari pengamat hingga masyarakat.

Rekam Jejak Darmawan Prasodjo, Bos Baru PLN Pengganti Zulkifli Zaini

Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir meyakini penggodokan kebijakan ini dapat rampung pada akhir 2017 atau bahkan lebih cepat. Hal ini tergantung pada respons dari masyarakat itu sendiri.

"Mudah-mudahan akhir tahun ini selesai. Kalau kamu kepengin lebih cepat ya kita jalankan lebih cepat, kan tergantung kalian, kalau kalian mau nambah boleh kalau enggak mau nambah boleh," ujar Sofyan di kantor Kementerian ESDM, Kamis 16 November 2017.

Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Untuk tahap awal, Sofyan mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan daerah seperti pulau Jawa terlebih dahulu yang memiliki kapasitas listrik yang lebih besar. "(Prioritas) Ya Jawa dulu lah," katanya.

Dikatakannya, pihak PLN tengah berupaya mensosialisasikan kebijakan ini dengan baik. Proposal lengkap pun disiapkan agar penerapan ini dapat diterima semua pihak.

Keren, PLN Jadi Perusahaan Listrik Terbaik Asia Tenggara dan Selatan

"(Sosialisasi) tentu dengan baik ya, bagaimana dengan pengamat, dari masyarakat, dan lain sebagainya. Setelah ini masuk semua, lalu kita ajukan proposalnya sesuai dengan pendapat semua pihak, supaya semuanya terwakili, habis itu kita bawa ke Pak Menteri," ujar Sofyan.

Seperti yang diketahui, Kementerian ESDM dan PT PLN berencana menyederhanakan golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi mulai dari golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA. Penyederhanaan akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 5.500 VA.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Politikus PDIP Anggap Darmawan Prasodjo Mumpuni sebagai Dirut PLN

Dengan kepemimpinan baru PLN dibawah Darmawan Prasodjo, diharapkan mampu membuat terobosan baru untuk rakyat

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2021