Menhub Pastikan Operasional Kereta Bandara Soetta Ngaret

Perkembangan Pembangunan Rel Kereta Bandara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Lucky R

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menargetkan kereta Bandara Soekarno Hatta dengan rute awal Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta siap dioperasikan pada awal 2018.

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

"Kami targetkan Januari 2018, kereta ini sudah bisa dioperasikan dan digunakan oleh masyarakat. Memang seharusnya pada 25 November 2017, tapi kami biarkan dulu PT Railink uji coba agar lebih aman," ungkapnya di Stasiun Batu Ceper, Kota Tangerang, Kamis, 23 November 2017.

Ia juga mengapresiasi PT KAI, PT Angkasa Pura II, dan PT Railink yang mengelola kereta api bandara ini secara swasta, dan tidak ada satu rupiah pun uang negara yang direct (langsung) dari kantong Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

"Ini dari swasta, tidak ada satu rupiah pun uang negara yang direct dari APBN. Proyek seperti ini yang kami harapkan, sehingga swasta melalui anak perusahaan Angkasa Pura dan Kereta Api Indonesia akan survive," ujar Menteri Budi.

Untuk stasiun nantinya terdapat fasilitas yang memanjakan para pengguna, antara lain vending machine, tapping gate, eskalator, gallery ATM, waiting lounge, commercial area, meeting room, toilet, dan musala.

Railink Resmi Lepas Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta ke Kereta Commuter Indonesia

Khusus untuk di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta bahkan dilengkapi dengan konektivitas ke integrated building atau antarterminal dengan moda transportasi terbaru yaitu APMS/skytrain. (art)

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

Kata Presiden Jokowi, wiilayah Jakarta sudah memiliki sejumlah moda transportasi publik sehingga perlu dilakukan pengintegrasian agar masyarakat merasa nyaman menggunakan

img_title
VIVA.co.id
27 September 2023