Lewat GT Cikarang Akhir Pekan Ini, Jangan Lupa Bawa Bekal

Antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – PT Jasa Marga Tbk, memprediksi volume lalu lintas yang melalui Gerbang Tol, atau GT Cikarang Utama, saat liburan Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 1-3 Desember 2017 akan meningkat signifikan. 

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya memprediksikan puncak arus mudik libur panjang Maulid Nabi melalui GT Cikarang Utama arah Jakarta terjadi hari ini. Volume kendaraan diprediksi sebanyak 98.065, atau naik 31,13 persen, dari lalu lintas normal, yaitu 74.785 kendaraan.

"Untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga melakukan upaya-upaya," ujar Heru dikutip dari keterangan resminya, Kamis 30 November 2017. 

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

Berbagai upaya yang dilakukan, menurutnya, adalah sinkronisasi pelaksanaan tahapan pekerjaan proyek di area tersebut. Dengan cara mengatur kegiatan proyek yang berpotensi memengaruhi kondisi lalu lintas selama periode libur panjang.

Kemudian, lanjutnya, pendistribusian dan pengurangan beban lalu lintas pada kondisi peak hour dengan pengalihan rute perjalanan di tol ke jalan arteri alternatif. Meningkatkan kemampuan monitoring dan identifikasi jam-jam padat dan peningkatan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas contra flow atas diskresi pihak Kepolisian.
 
Selain itu ada pula, peningkatan kapasitas Gerbang Tol Cikarang Utama dengan menggunakan gardu reversible, dan gardu portable di GT Cikarang Utama pada jam-jam padat menjadi 20 gardu masuk dan 31 gardu keluar. Respons penanganan gangguan lalu lintas juga akan dipercepat dengan penempatan petugas dan unit layanan lalu lintas pada lokasi rawan kepadatan.

Menteri Muhadjir Blak-blakan soal Tol Gratis dan Diskon saat Mudik Lebaran

Guna membantu kelancaran arus lalu lintas, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan, serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol.

Untuk kenyamanan, kata dia, Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup. Selain itu, para pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan estimasi waktu tempuh, mengingat saat libur panjang ini, tidak ada pembatasan kendaraan berat.

Tol Cikupa Tangerang-Merak

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Berbagai persiapan dilakukan operator Jalan Tol Tangerang Merak untuk menyambut 3,5 juta kendaraan yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Jumlah tersebut naik 3,6

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024