JK Minta Tenaga Kerja Siap Bersaing dengan Mesin

Waki Presiden RI, Jusuf Kalla meninjau venue boling Asian Games 2018
Sumber :
  • Aji YK Putra (Palembang)/ VIVA

VIVA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta, supaya tenaga-tenaga kerja Indonesia siap bersaing dengan masifnya otomatisasi, atau penggunaan mesin untuk menangani pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

Permintaan itu disampaikan, dalam menyikapi tren otomatisasi yang akan terus meningkat setiap tahun.

"Harus terus dilakukan pelatihan (kepada tenaga kerja). Supaya skill-nya naik, sehingga bisa bersaing juga di luar negeri dengan pekerjaan yang dilakukan dengan otomasi. Otomasi itu juga bahaya, karena konsumsi menurun," ujar JK, usai menghadiri acara Penganugerahan Paramakarya di Kementerian Ketenagakerjaan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat 8 Desember 2017.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

JK sekaligus meminta lembaga-lembaga pemerintah terkait, melaksanakan strategi dengan memberi pembekalan keterampilan yang mumpuni kepada angkatan kerja, jauh sebelum mereka memasuki dunia kerja.

Menurut JK, hal itu pada akhirnya akan membuat tenaga kerja Indonesia memiliki keterampilan yang tinggi, sehingga tidak akan terancam oleh kehadiran otomatisasi.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

"Investasi kepada manusia lebih awal. Kita punya SMK begitu banyak, tetapi mungkin juga tempat praktiknya kurang, jadi perlu ada kerja sama dengan pengusaha," ujar JK.

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024