Dicap Jaga Lingkungan, Pertamina EP Raih Dua Proper Emas

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan Proper Emas ke Pertamina EP.
Sumber :
  • Dok. KLHK

VIVA – Dua unit bisnis PT Pertamina EP berhasil raih proper emas tahun 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Capaian tersebut didapat setelah melihat komitmen perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning Resmi Beroperasi

Nanang Abdul Manaf, Presiden Direktur PT Pertamina EP, mengatakan dua proper emas yang diraih unit bisnis Pertamina EP yaitu Asset 1 Rantau Field dan EP Asset 5 Tarakan adalah hasil kerja keras program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan di seluruh unit usaha Pertamina EP di Tanah Air.

Upaya tersebut, lanjut Nanang, menjadi bentuk tanggungjawab sosial perusahaan dan implementasi dari komitmen perencanaan pengelolaan lingkungan hidup. Adapun program tersebut dilakukan melalui  kegiatan bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur (fasilitas sosial/fasilitas umum).

Ketika Batik Kubedistik Binaan Pertamina EP Tarakan Kebanjiran Pesanan

“Keberhasilan dua proper emas ini menjadi tantangan Pertamina EP untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai ketaatan dalam bisnis, penggunaan sumber daya alam yang efisien, dan mengurangi kesenjangan kesejahteraan dengan program pemberdayaan masyarakat yang harus ditingkatkan,” ujar Nanang dalam keterangan tertulisnya, Selasa 19 Desember 2017.

Adapun, penghargaan proper emas tahun 2017 ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field di Istana Wakil Presiden pada Senin 18 Desember 2017 kemarin.

Cara Pertamina EP Tanjung Field Bantu Hasilkan Cuan Warga Satu Desa

Proper sendiri merupakan program penilaian dari pemerintah kepada perusahaan tentang kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper-LH). 

Peringkat proper dibagi menjadi lima, yaitu emas, hijau, biru, merah dan hitam. Peringkat tertinggi adalah emas dan terburuk hitam. Perusahaan yang memperoleh emas adalah perusahaan yang konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi, melaksanakan bisnis beretika, dan bertanggung jawab pada masyarakat.

Tahun ini, enam unit bisnis Pertamina EP masuk kandidat peraih proper emas. Enam unit bisnis Pertamina EP tersebut adalah Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Pertamina EP Asset Tiga Subang Field, Pertamina Ep Asset Satu Jambi Field, dan Pertamina EP Asset Lima Sanga-sanga Field, Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, dan Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field.

Selain itu, ada 12 unit bisnis yang meraih proper hijau dan delapan proper biru, termasuk KSO (Kerja Sama Operasi) dan TAC (Technical Assistance Contract). “Bagi Rantau Field, raihan proper emas tahun ini merupakan ketiga kalinya secara berturut, sedangkan Tarakan Field yang pertama,” ujar Nanang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya