Bahan Baku Impor Industri Kecil Bakal Lebih Murah

Ilustrasi industri kecil dan menengah di Boyolali, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shintaloka Pradita Sicca

VIVA – Pemerintah segera menerbitkan kebijakan relaksasi impor untuk industri kecil dan menengah (IKM). Dengan kebijakan ini IKM akan lebih mudah untuk mendapatkan bahan baku produksi yang berasal dari impor.

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan, aturan ini nantinya diimplementasikan berkoordinasi dengan beberapa kementerian lainnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa selama ini IKM memang sedikit kesulitan dengan beberapa produk yang bahan bakunya harus diimpor. Kemudahan impor bagi IKM ini dilakukan tetap dengan batasan yang terukur. 

PB KAMI Desak Kementerian Perdagangan Cabut Izin Perusahaan Pembuat Oli Palsu

"Tetap pengaturannya ada. Jadi kalau dulu IKM itu tidak muncul, karena importir borongan, nah sekarang mereka dimunculkan," kata dia di kantornya, Rabu 20 Desember 2017. 

Ia mengatakan, ada beberapa produk yang akan diatur. Pengaturan akan dilakukan mulai dari sisi administrasinya dipermudah dan besaran tarif masuk dengan besaran tertentu.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

"Salah satunya yang sudah keluar ya besi baja. Bahwa contohnya di besi baja itu impor di bawah 1 ton, sehingga dibebaskan administrasinya. Terus kalau dari tekstil maka akan difasilitasi oleh konsolidator importir umum, melalui PLB (Pusat Logistik Berikat)," ujar dia.

PB KAMI kembali melakukan aksi penyampaian

PB KAMI Laporkan Dugaan Oknum Pejabat yang Terima Suap Pengusaha Oli dan Sparepart Palsu

Oli palsu tersebut merugikan produsen oli asli dan merugikan para konsumen pemilik kendaraan bermotor. Sultoni, mendesak agar Kemendag segera melakukan pemeriksaan kembal

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024