Agar Kemiskinan Single Digit, Bappenas Siapkan Siasat Khusus

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terus menargetkan angka kemiskinan di Indonesia turun hingga 9,5 persen pada tahun ini. Sejumlah cara pun disiapkan untuk mengatasi kemiskinan tersebut.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

"Pada 2018 ini kita targetkan single digit," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Untuk itu, Bappenas akan menerapkan strategi khusus dalam penanggulangan kemiskinan pada tahun ini, di antaranya peningkatan pelaksanaan jaminan sosial harus tepat sasaran. "Misalnya, harusnya dapat beras bantuan sosial yaitu beras sejahtera 15 kilogram tapi dapatnya cuma lima kilogram," katanya.

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan perluasan program keluarga harapan dari enam juta keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi 10 juta KPM. Perluasan bantuan pangan non tunai dari 1,2 juta KPM di 44 provinsi menjadi 10 juta KPM di 217 kabupaten dan kota.

Serta, bantuan pendidikan atau kartu Indonesia pintar (KIP) anak usia sekolah 19,7 juta orang dan penerimaan bantuan iuran (PBI) melalui jaminan kesehatan nasional (JKN), kartu Indonesia sehat (KIS) 92,4 juta orang.

Indef Kritik Kebijakan Bansos: Anggaran Naik Terus, Kemiskinan Cuma Turun 2,3 Persen Sejak 2010

Perlu diketahui, pada September 2017, angka kemiskinan mencapai 10,12 persen atau jumlah penduduk miskin berkurang 1,18 juta jiwa dalam setahun. Angka tersebut merupakan angka penurunan paling besar, karena biasanya hanya turun 500 ribu per tahunnya. (mus)

Gedung Bappenas / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Bappenas membantah kabar yang menyebut bahwa pihaknya tengah membahas rencana peleburan antara KPK dan Ombudsman. Pemerintah memperkuat infrastruktur antikorupsi.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024