Gunung Mayon Meletus, Filipina Evakuasi 74 Ribu Warga

Erupsi Gunung Mayon di Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Puluhan ribu warga yang tinggal di sekitar pegunungan Mayon, Filipina dievakuasi. Filipina menetapkan status darurat kemanusiaan dan tak bisa memastikan berapa lama warga akan tinggal di pengungsian.

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Gunung Mayon telah erupsi dengan memuntahkan lava berwarna merah dan panas, juga melontarkan debu dan batuan. Letusan tersebut dikabarkan terjadi sebanyak empat kali pada Rabu, 24 Januari 2018. Sebelumnya, Gunung Mayon sudah memperlihatkan terjadinya peningkatan aktivitas sejak sepekan terakhir.

Dikabarkan oleh Metro.co.uk, 25 Januari 2018, gunung ini terus menyemburkan abu dan lahar hingga setinggi lebih dari dua kilometer, dan letusannya dianggap semakin membahayakan.

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan, dalam letusan tersebut, aliran piroklastik - gas super panas dan puing-puing vulkanik yang bisa membakar apa pun di jalan mereka - mencapai jarak hingga empat kilometer dari kawah di satu daerah.

Direktur Kantor Pertahanan Sipil Negeri Claudio Yucot mengatakan bahwa upaya pemerintah untuk menjaga jumlah pengungsi yang terus membengkak adalah semacam mimpi buruk bagi bagian 'logistik.'

Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus, Ganggu Penerbangan

Dia menambahkan bahwa setidaknya saat ini 66 tempat penampungan darurat di sembilan kota di provinsi Albay timur laut telah terisi. (ase)

Gunung Berapi bawah laut.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Gunung berapi tidak hanya tersebar di daratan Indonesia, tapi juga lautan. Gunung berapi aktif dibagi menjadi tiga tipe.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023