Asal-usul Hari Valentine, Ada Kisah Maut di Dalamnya

Pengrajin atribut hari Valentine di India
Sumber :
  • REUTERS/Rupak De Chowdhuri

VIVA – Masa kini, Hari Valentine kerap diidentikkan dengan kasih sayang dan kemesraan. Oleh karena itu Hari Valentine setiap tahun diwarnai dengan pemberian kado dan cokelat. Namun bagaimana sejarah dan asal usul Hari Valentine sebenarnya.

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Hari Valentine sebagaimana dilansir History.com, awalnya dikenal di tradisi Romawi yakni festival yang disebut Lupercalia. Hari Lupercalia dirayakan pada 15 Februari setiap tahunnya yang didedikasikan untuk Faunus yang merupakan Dewa Pertanian di tradisi Romawi.

Pada saat festival, para pria akan menarik nama wanita yang akan menjadi calon pasangannya dari sebuah kotak dan akan menjadi pasangan mereka selama festival. Biasanya pasangan tersebut akan berakhir ke pelaminan.

Romantisme Tak Pudar! Nia Ramadhani Ungkapkan Cinta Sejati untuk Ardi Bakrie di Hari Valentine

Namun festival itu kemudian menjadi awal diinisiasi oleh tradisi Kristen khususnya pada akhir abad ke-5 ketika Paus Gelasius mendeklarasikan Hari Santo Valentine pada tanggal 14 Februari.

Dilansir Mirror, sejarawan dan sastrawan Inggris lalu mengungkapkan soal sejarah tersebut. Disebutkan ada sosok yang bernama Santo Valentine yang diduga sebenarnya lebih dari satu orang. Santo Valentine merupakan sosok yang diakui ada oleh Gereja Katolik Roma yang meninggal sekira tahun 270 AD.

Di TPS Tempat Gibran Rakabuming Raka Mencoblos Dekorasinya ala Hari Valentine

Dari sejumlah dokumen dimuat soal kebaikan Valentine yang berujung maut. Santo Valentine akhirnya dipenggal oleh Kaisar  Claudius II karena membantu banyak pasangan muda-mudi akhirnya bisa menikah. Pada saat itu pernikahan dilarang kaisar karena para pria muda akan dikirim berperang.

Namun Valentine merasa bahwa kebijakan itu tidak adil dan dia membantu menikahkan para pasangan kekasih hingga kemudian dia dihukum penjara dan menjalani hukuman mati. Disebutkan bahwa tengkorak dan kerangka Santo Valentine disimpan di Basilica  Santa Maria, Cosmedin, Roma, Italia.

Selain kisah itu, ada juga yang meyakini bahwa dari balik jeruji, Valentine mengirimkan pesan kepada seorang gadis yang dia cintai dengan memberi salam terakhir dalam tulisannya "From your Valentine" yang disebut sebagai awal kebiasaan memberikan salam dan ucapan selamat Valentine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya