Menyedihkan, Biara Terkenal Usia 1000 Tahun Terbakar

Kuil dan biara terpenting Tibet dilalap api
Sumber :
  • Twitter/BBC

VIVA – Kebakaran besar terjadi di kuil dan biara terkenal Buddha Tibet yaitu Biara Jokhang di Lhasa, Tibet. Api direkam melalui video dan foto-foto yang beredar di media sosial.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Si jago merah termasuk ikut melalap pagoda yang ada di kompleks spiritual itu. Media di China menyebutkan bahwa kebakaran besar terjadi pada Sabtu malam, 17 Februari 2018 sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Belum dipastikan rincian korban dan kerugian material yang disebabkan. Namun diperkirakan akan sangat besar mengingat nilai intrinsik situs itu sebagai bagian dari situs keagamaan dan budaya di Tibet.

Lahir dari Keluarga Katolik, Dian Sastrowardoyo Berhasil Khatam Al Quran Sebelum Nikah

Tibet, wilayah negara yang termasuk terpencil didominasi oleh pengikut Buddha. Negara ini dikenal dengan sebutan "Atap Dunia" yang pemerintahannya masuk dalam wilayah otonomi China.

Biara Jokhang sudah berumur lebih dari 1000 tahun dan masuk dalam Situs Cagar Budaya Kekayaan Dunia versi UNESCO.

Sebelum Mualaf, Dian Sastrowardoyo Pelajari Semua Agama untuk Mencari Keberadaan Tuhan

Meski sempat dilalap api, biara itu pada saat ini sudah kembali dibuka bagi para peziarah yang datang untuk beribadah. Disebutkan, otoritas China dengan cepat mencoba menghempang penyebaran foto dan video kebakaran Biara Jokhang di media sosial (medsos).

Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya sentimen antipemerintah China dari simpatisan kaum Buddha yang sewaktu-waktu bisa muncul menyusul kendali China atas Tibet juga masih menjadi kontroversi.

Puluhan Tokoh Lintas Agama Hadiri Buka Puasa Bhinneka Rasa Satu Persaudaraan

Puluhan Tokoh Lintas Agama Buka Puasa Bareng

Majelis Hukama Muslimin (MHM) kantor cabang Indonesia menggelar buka puasa bersama tokoh lintas agama. Acara ini mengusung tema "Bhinneka Rasa, Satu Persaudaraan".

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024