Logo BBC

Bentrokan dengan Israel di Gaza, 10 Warga Palestina Tewas

Para pengunjuk rasa menuntut agar mereka diizinkan kembali ke tanah leluhurnya yang sekarang berada di wilayah Israel. - Reuters
Para pengunjuk rasa menuntut agar mereka diizinkan kembali ke tanah leluhurnya yang sekarang berada di wilayah Israel. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Sepuluh orang warga Palestina tewas dalam bentrokan terbaru dengan aparat militer Israel di perbatasan Gaza-Israel, kata seorang pejabat kementerian kesehatan Palestina.

Militer Israel mengatakan pihaknya melepaskan tembakan saat sebagian pengunjukrasa berusaha menerobos pagar pembatas di perbatasan.

Para pengunjuk rasa menuntut agar mereka diizinkan kembali ke tanah leluhurnya yang sekarang berada di wilayah Israel.

Namun Israel mengatakan kelompok militan Hamas, yang menguasai wilayah Gaza, berada di balik unjuk rasa untuk melancarkan serangan ke Israel.

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres telah meminta semua pihak agar "menghindari konfrontasi dan menahan diri" setelah 16 orang terbunuh dan ratusan lainnya terluka saat kerusuhan pekan lalu.


Selama unjuk rasa, para pendemo menumpuk ban dan kemudian membakarnya, sehingga mengeluarkan asap hitam, untuk menganggu pandangan para penembak jitu Israel. - AFP

Dalam kerusuhan terakhir, salah-seorang yang tewas adalah Yasser Murtaja, seorang jurnalis dari Kantor Berita Ain Media yang berkantor di Gaza, ungkap Kementerian kesehatan di Gaza.