Logo BBC

Jadi Pembunuh Tanpa Membunuh, Hanya ada di Amerika

Gambar satelit memperlihatkan pangkalan udara T4/Tiyas di Suriah tengah. - Google/DigitalGlobe
Gambar satelit memperlihatkan pangkalan udara T4/Tiyas di Suriah tengah. - Google/DigitalGlobe
Sumber :
  • bbc

Polisi menembak mati seorang tersangka pencurian dalam sebuah aksi baku tembak: polisi itu tak dipidanakan, sebaliknya seorang remaja rekan korban justru dinyatakan bersalah untuk pembunuhan itu.

Bagaimana hukum yang diterapkan pada rekan si terduga perampokan tersebut?

Lakeith Smith masih berusia 15 tahun ketika dia membobol sebuah rumah Millbrook, Alabama bersama dengan empat orang yang lebih tua. Seorang warga yang melihat kejadian itu menelepon polisi, dan kedatangan petugas mengagetkan para remaja bermaksud pergi dari pintu depan.

Kelompok itu berbalik untuk melarikan diri dari pintu belakang, dan baku tembak pun terjadi. Ketika semuanya berakhir, A`Donte Washington yang berusia 16 tahun tewas dengan luka tembak di lehernya.

Bahwa pelaku penembakan yang menewaskan A`Donte Washington itu adalah petugas polisi Millbrook, tak pernah dibantah - kamera yang melekat di tubuh petugas merekam baku tembak itu.

Juri dalam persidangan menolak untuk mendakwa polisi, karena menurut mereka penembakan itu bisa dibenarkan.

Sebaliknya, teman seperampokan korban, Lakeith Smith didakwa dan dinyatakan bersalah atas pembunuhan itu. Pekan lalu, hakim memvonisnya 65 tahun penjara. Di bawah undang-undang tentang sekomplotan dalam tindak kejahatan di Alabama, Smith dianggap sama bersalahnya dalam kematian Washington seolah-olah dia sendirlah yang menarik pelatuk itu.