Dubes AS Menghadap Menlu RI soal Mike Pompeo

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan siang ini menemui Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk membahas berbagai isu strategis dua negara. Salah satu yang disampaikan Donovan adalah terkait penunjukan Menlu baru AS, Mike Pompeo.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Saya akan kembali untuk melakukan konsultasi di Washington, sekitar dua minggu. Jadi, tadi kami melakukan review beberapa isu tentang hubungan bilateral," kata Dubes Donovan, usai bertemu Menlu Retno di Gedung Kemlu, Jakarta Pusat, Jumat 13 April 2018.

Donovan mengatakan, dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal terkait dunia global. Ia juga menyebutkan beberapa isu yang menjadi topik pembicaraan dengan Menlu Retno antara lain keamanan dan kerja sama yang telah dimiliki kedua negara. 

Dubes AS untuk RI Kunjungi Lokasi Vaksinasi Pfizer, Apa Pesannya

"Kami membahas berbagai hal secara global. Saya juga mengapresiasi peran Indonesia yang sangat penting di kawasan juga bagi Amerika Serikat," lanjut dia.

Sementara itu, Direktur Amerika I Kemlu, Zelda Wulan Kartika yang juga ikut dalam pertemuan Dubes Donovan dengan Menlu Retno membenarkan, salah satu pembahasan adalah terkait calon Menlu baru Amerika Serikat.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Pada kesempatan itu, Dubes Donovan menyampaikan bahwa Mike Pompeo telah melakukan proses fit and proper test di Kongres AS selama empat hari. Diperkirakan, hasilnya akan diketahui dalam waktu satu sampai dua minggu ke depan.

"Dubes AS meyakinkan Menlu bahwa pemerintah Amerika Serikat, siapa pun Menlunya tetap berkomitmen tinggi untuk kemajuan strategic partnership antara Indonesia dengan Amerika," ujar Zelda.

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022