Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi Saat Berkunjung ke Korsel

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.
Sumber :
  • KCNA/via Reuters

VIVA – Untuk pertama kalinya, sejak akhir Perang Korea tahun 1953, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, masuk ke wilayah Korea Selatan, dan bertemu dengan Presiden Moon Jae In di desa perbatasan Panmunjon.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Tak hanya bertemu secara fisik, kedua pemimpin juga akan melakukan diskusi terkait denuklirisasi di Semenanjung Korea. Untuk diketahui, pemimpin antara kedua Korea hanya dua kali melakukan pembicaraan sejak Perang Korea.

Namun, ada hal unik yang terungkap. Meski Kim telah setuju untuk duduk bersama dengan Korsel, tetapi ternyata, dia enggan menggunakan toilet di sembarangan tempat.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Hal ini diungkapkan oleh Lee Yun Keol, mantan anggota North Korean Guard Command, sebelum membelot ke Korea Selatan pada 2005.

"Dibanding menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang selalu dibawa ke mana pun dia bepergian," kata Lee Yun Keol, seperti dikutip dari CBS, Jumat 27 April 2018.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea selatan Moon Jae-in.

Alasannya adalah, karena pihak Korea Utara sangat menjaga segala sesuatu yang bersifat pribadi terkait pemimpin mereka.

"Kotoran dari pemimpin Korea Utara mengandung informasi mengenai status kesehatannya. Jadi mereka sangat menjaga hal ini," ujarnya.

Fakta ini juga diketahui saat Kim Jong Un beberapa waktu lalu melakukan inspeksi militer dan pabrik milik negara di Korea Utara. Menurut kantor berita DailyNK, ada toilet khusus yang dibawa bersama dengan kendaraan konvoi yang membawa Kim Jong Un.

"Toilet pribadi itu tak hanya ada di kereta pribadi Kim Jong Un, tapi juga di setiap mobil, baik itu berukuran kecil atau sedang, bahkan kendaraan yang membawanya ke gunung maupun melintasi salju," ujar Lee.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya