Bertemu Presiden Korsel, Kim Jong Un Didampingi Wanita

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea selatan Moon Jae-in.
Sumber :
  • Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melintasi perbatasan menuju  Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, untuk bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Terdapat sembilan orang pejabat tinggi Korea Utara yang mendampingi Kim pada pertemuan di desa perbatasan Panmunjeom itu. Satu di antaranya adalah perempuan.

Namun, wanita yang mendampingi Kim tersebut bukan istrinya. Dia adalah Kim Yo Jong, adik perempuan Kim sekaligus Wakil Direktur Komite Sentral Partai Pekerja Korea Utara.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dilansir dari Korea Herald, Kim Yo Jong adalah anak perempuan satu-satunya dari pemimpin pendahulu Korea Utara Kim Jong Il dan istrinya Ko Yong Hui. Selain Kim Yo Jong, saudara kandung Kim Jong Un adalah Kim Jong Nam, yang tewas diracun di Malaysia tahun lalu.

Wanita berusia 30 tahun itu diketahui merupakan sosok paling dekat dengan Kim Jong Un. Sebelumnya, dia telah dikirim ke Korea Selatan sebagai utusan khusus selama Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Februari lalu.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Dalam pertemuan dengan pemimpin Korea Selatan hari ini, Kim Yo Jong terlihat terus mendampingi kakak lakinya. Selain itu, Kim Yo Jong juga terlihat memegang bunga yang diberikan oleh Presiden Korsel kepada Kim Jong Un.

Kim Yo Jong juga terlihat membawa pulpen yang sudah ia siapkan untuk Kim Jong Un, untuk menandatangani buku tamu di Peace House, tempat pertemuan tingkat tinggi diselenggarakan.
 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022