Logo ABC

Dosen di Australia Tanggapi Kebijakan Dosen Asing

Riza Sunindiyo memberikan penjelasan mengenai UNSW di Jakarta
Riza Sunindiyo memberikan penjelasan mengenai UNSW di Jakarta
Sumber :
  • abc

Beberapa dosen asal Indonesia yang sekarang mengajar di Australia menyambut baik keputusan Pemerintah RI untuk mendatangkan dosen asing guna membantu meningkatkan mutu pendidikan di perguruann tinggi.

Dr Salut Muhidin yang mengajar bidang Kependudukan (Demografi) di Macquarie University Sydney mengatakan, tenaga kerja asing seperti di bidang IT atau olahraga sudah banyak yang berkiprah di Indonesia, sehingga di perguruan tinggi di satu saat pasti akan menjadi kenyataan.

ABC menghubungi tiga dosen asal Indonesia yang sekarang mengajar di Australia. Selain Dr Salut Muhidin juga ada Dr Riza Sunindijo yang menjadi dosen jurusan Konstruksi di UNSW, Sydney, serta Dr Elvia Shauki dari University of South Australia di Adelaide.

ABC sengaja mencari dosen asal Indonesia yang tidak berkecimpung di bidang-bidang yang berkenaan dengan Indonesia seperti pengajaran bahasa, politik atau budaya Indonesia.

Riza Sunindiyo memberikan penjelasan mengenai UNSW di Jakarta Photo: Riza Sunindiyo memberikan penjelasan mengenai UNSW di Jakarta (Foto: Istimewa)

Dr Riza Sunindijo menjadi dosen luar biasa di UNSW sejak tahun 2010 dan menjadi dosen tetap di universitas tersebut sejak tahun 2013.

Dalam penilaiannya, kekurangan yang dimiliki para dosen di Indonesia -seperti sudah banyak diungkapkan - adalah publikasi hasil penelitian di jurnal internasional.

"Bahasa Inggris yang kurang baik dan habisnya waktu untuk mengajar dan melakukan kegiatan administratif, saya kira menjadi kendala bagi dosen-dosen di Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan jumlah publikasi," kata Riza yang mendapatkan gelar PhD dari UNSW.