Trump Bakal Resmikan Kedubes AS di Yerusalem 14 Mei 2018

Presiden AS Donald Trump (kiri) dan PM Israel, Benjamin Netanyahu di Menara Trump, New York, AS.
Sumber :
  • Kobi Gideon/Government Press Office (GPO)/Handout via REUTERS

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan bahwa dia akan bertolak ke Yerusalem bulan ini dalam rangka bakal meresmikan pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Langkah tersebut diketahui membuat Amerika Serikat mendapat banyak kecaman dari negara-negara di dunia.

Australia Batalkan Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Trump mengungkapkan rencana itu di hadapan para wartawan di Gedung Putih. Rencananya, Kedubes AS di Yerusalem akan dibuka pada 14 Mei 2018 di sebuah gedung sementara sambil menunggu bangunan permanen di lokasi yang sudah disiapkan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Fox News bahwa dia akan sangat senang bila Presiden AS hadir dalam peresmian tersebut.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Bulan lalu, Trump mengatakan bahwa dia memang mungkin akan bisa ikut meresmikan kedutaan yang kontroversial tersebut. Langkah Trump ini diduga akan memperburuk relasi AS dengan sejumlah negara Arab khususnya yang tak mengakui Israel.  

"Akan sangat senang jika bisa menyambut Presiden Trump di sini. Itu adalah keputusannya. Undangan kami terbuka untuk Presiden Trump," kata Netanyahu, sebagaimana dikutip dari Asia One.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Keputusan untuk memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem sebagai bentuk pengakuan bahwa Yerusalem adalah Ibu Kota Israel telah mengundang kemarahan warga Palestina yang menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan Palestina. Selain itu, keputusan tersebut memicu kecaman dari dunia termasuk dari pemerintah Indonesia.

Bethlehem, Yerusalem.

Terungkap, Ibu Kota yang di Klaim Zionis Israel Pernah Dilanda Gempa Dahsyat

Sebuah penemuan terbaru oleh para arkeolog mengungkapkan bahwa wilayah Yerusalem mengalami gempa bumi hebat sekitar 2.800 tahun yang lalu. Penemuan ini didasarkan kotanya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024