Hari Ini, Trump Resmikan Kedubes AS di Yerusalem

Petunjuk ke arah Kedutaan Besar AS di Yerusalem sudah dipasang di sekitar kawasan Konsulat Jenderal AS. - Reuters
Sumber :
  • bbc

VIVA – Amerika Serikat akan meresmikan kedubesnya di Yerusalem. Sebagian duta besar yang menentang diperkirakan tak akan hadir.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Ivanka Trump tiba di Israel untuk meresmikan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem hari ini, 14 Mei 2018. Anak perempuan Donald Trump itu mengatakan, sangat gembira berada di Yerusalem, yang telah diakui AS sebagai ibu kota Israel.

"Kami akan merayakan ulang tahun Israel ke-70 dan masa depan yang cerah. Kami berdoa untuk potensi tak terbatas terhadap masa depan aliansi AS-Israel, dan kami berdoa untuk perdamaian," tulis Ivanka di akun Instagram, seperti dikutip The Guardian.

Indonesia Usulkan Misi Internasional Pastikan Rakyat Palestina Aman

Di Gaza, sebidang tanah yang diblokade Israel selama satu dekade terakhir, puluhan ribu orang diantisipasi akan berkumpul untuk melakukan unjuk rasa jelang pembukaan kedutaan tersebut.

Sementara itu di Yerusalem, puluhan diplomat asing diperkirakan akan menghadiri pembukaan kedutaan besar, yang akan berlokasi di gedung Konsulat Jenderal AS untuk Yerusalem itu. Meski demikian, sebagian besar duta besar yang menentang langkah itu dipastikan tidak akan menghadiri peresmian kedutaan.

Batu Mencurangi Timbangan Umur 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Israel merebut Yerusalem Timur pada tahun 1967 dan mencaplok kota di puncak bukit itu, dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Sebagian besar negara menempatkan kedutaan mereka di Tel Aviv.

Nasib Yerusalem telah menjadi isu penting dan belum terselesaikan dalam pembicaraan damai yang ditengahi AS. Pemimpin Palestina menolak peran Washington sebagai mediator menyusul keputusan Trump di Yerusalem. (mus)

Saluran air kuno di Yerusalem.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Sebuah toilet jongkok berusia 2.700 tahun ditemukan di sebuah perkebunan kuno di Yerusalem selatan. Parasit berbahaya pun ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022