Logo BBC

Bentrokan Gaza dan Perkabungan Tewasnya Warga Palestina

Duka keluarga saat pemakaman Laila al-Ghandour, bayi berusia delapan bulan yang meninggal karena menghirup gas air mata. - Reuters
Duka keluarga saat pemakaman Laila al-Ghandour, bayi berusia delapan bulan yang meninggal karena menghirup gas air mata. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Upacara pemakaman berlangsung hari ini, Selasa (15/05), di Gaza atas 58 warga Palestina yang tewas sehari sebelumnya dalam bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan aparat keamanan Israel.

Pemakaman itu akan berlangsung bersamaan dengan peringatan 70 tahun yang disebut Palestina sebagai Nakba, pengungsian besar-besaran rakyat Palestina setelah terbentuknya negara Israel.

Jumlah korban yang jatuh hari Senin -pada saat peresmian Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem- merupakan yang terbesar dalam satu hari sejak Perang Gaza tahun 2014 lalu.

Militer Israel mengatakan siap untuk kembali menghadapi konfrontasi pada Selasa (15/05) namun kelompok-kelompok di Palestina memberi indikasi ingin mengendalikan unjuk rasa.

Pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem memicu kemarahan besar warga Palestina karena dianggap sebagai dukungan atas pendudukan Israel di seluruh Yerusalem sementara Palestina berkeras bahwa Yerusalem Timur merupakan wilayah mereka dan ibu kota masa depan negaranya.


Kekerasan di perbatasan Gaza-Israel pada hari Senin menyebabkan jatuhnya korban 58 jiwa, yang terbesar sejak Perang Gaza tahun 2014 lalu. - EPA

Pihak berwenang Palestina menyebutkan bahwa selain puluhan yang tewas masih ada sekitar 2.700 orang yang cedera dalam peristiwa yang mereka sebut sebagai `pembunuhan massal`.