Menlu RI Dapat Penghargaan Sejajar dengan Kaisar Akihito

Menlu Retno Marsudi menerima penghargaan dari Peru
Sumber :
  • Kemenlu RI

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima penghargaan El Sol del Peru atau The Sun of Peru dengan peringkat Grand Cross dari pemerintah negara Peru.

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Penghargaan tersebut diberikan kepada Retno atas upayanya dalam memajukan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Peru bahkan sejak ia masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa di Kementerian Luar negeri.

Beberapa langkah yang diambil untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan Peru termasuk membentuk mekanisme dialog bilateral kedua negara. Menlu Retno merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Perjalanan hubungan bilateral Indonesia-Peru tidak mudah namun perjalanan menuju Machu Picchu juga tidak mudah. Dengan penghargaan ini, insya Allah menumbuhkan semangat besar sehingga hubungan Indonesia-Peru dapat mencapai ketinggian seperti Machu Picchu," kata Retno saat menerima penghargaan tersebut seperti dikutip dari rilis Kemlu RI.

Penghargaan El Sol del Peru adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil baik untuk warga negara setempat maupun warga negara asing atas jasa dan kontribusi mereka kepada Peru.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Beberapa nama yang telah menerima penghargaan ini sebelumnya antara lain Kaisar Akihito,  Lee Hsien Loong, Dimitry Medvedev, Donald Tusk, Ban Ki moon dan Sergey Lavrov. 

Sementara beberapa hal yang disepakati dalam pertemuan Menlu RI dengan Menlu Peru antara lain peningkatan hubungan kerja sama ekonomi, pengusulan pembuatan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) serta peningkatan kerja sama di bidang pertanian, perikanan dan sosial-budaya.

Peru merupakan mitra dagang  ke-4 terbesar di kawasan Amerika Selatan. Nilai perdagangan Indonesia-Peru pada tahun 2017 mencapai peningkatan sebesar 5,3 persen dari tahun 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya