Logo BBC

Pengacara Trump Terima Fee Atur Pertemuan Presiden Ukraina

 - Reuters
- Reuters
Sumber :
  • bbc

Pengacara pribadi Donald Trump, Michael Cohen, menerima pembayaran rahasia setidaknya $400.000 (Rp1,1miliar) untuk mengatur terjadinya pembicaraan antara presiden Ukraina dan Presiden AS, menurut sumber di Kiev yang dekat dengan mereka yang terlibat.

Menurut sumber-sumber BBC, pembayaran itu diatur oleh para perantara, yang melakukannya untuk pemimpin Ukraina, Petro Poroshenko, meskipun Cohen tidak terdaftar sebagai wakil dari Ukraina, sebagaimana disyaratkan oleh perundangan AS. Pertemuan di Gedung Putih itu terjadi Juni lalu.

Michael Cohen menyangkal tuduhan itu.

Tak lama setelah presiden Ukraina kembali ke negerinya, lembaga anti-korupsi Ukraina menghentikan penyelidikan terhadap mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort.

Seorang perwira tinggi intelijen Ukraina mengisahkan apa yang terjadi sebelum kunjungan ke Gedung Putih.

Dia menyebut Michael Cohen dilibatkan karena pelobi resmi dan kedutaan Ukraina di Washington DC, tidak bisa mengatur pertemuan Poroshenko-Trump lebih dari sekadar foto-foto singkat. Padahal, Poroshenko membutuhkan sesuatu yang bisa dipublikasikan sebagai `pembicaraan` antara kedua pemimpin.

Menurut pejabat penting itu, Poroshenko memutuskan mengatur lebih jauh lewat `jalur belakang`. Dia menugaskan salah satu mantan stafnya, yang lalu meminta bantuan pada seorang anggota parlemen Ukraina.

Selanjutnya, anggota parlemen ini menggunakan kontak pribadi yang bekerja di Chabad of Port Washington, sebuah lembaga Yahudi di negara bagian New York. (Seorang juru bicara Chabad meminta kami untuk menegaskan bahwa para pejabat mereka tidak terlibat.)