Isi Janji Trump dan Kim Jong Un di Pulau Sentosa

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, telah menandatangani perjanjian usai pertemuan selama lima jam di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Dilansir dari Reuters, mereka sepakat melakukan denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea. Kesepakatan ini dibuat usai pertemuan empat mata antara Trump dan Kim yang dilanjut dengan rapat bersama para penasihat masing-masing negara.

Berikut isi lengkap pernyataan bersama Trump-Kim:

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Komisi Urusan Negara Korea Utara Kim Jong-un menggelar pertemuan perdana dan bersejarah pada 12 Juni 2018 di Singapura.

Presiden Trump dan Pemimpin Kim bertukar pendapat secara mendalam, komprehensif, dan tulus, terkait penetapan hubungan baru Amerika Serikat dan Korea Utara, serta membangun rezim perdamaian yang abadi di Semenanjung Korea.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Presiden Trump berkomitmen memberikan jaminan keamanan bagi Korea Utara, sementara Pemimpin Kim menegaskan komitmennya yang tegas dan tak tergoyahkan untuk melucuti senjata nuklir secara utuh di Semenanjung Korea.

Kami yakin bahwa pembentukan hubungan baru AS-Korea Utara akan berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran di Semenanjung Korea, serta dunia, dan mengakui bahwa membangun kepercayaan antara sesama bisa mendorong denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Presiden Trump dan Pemimpin Kim membuat pernyataan sebagai berikut:

1. Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen menjalin hubungan baru sesuai dengan keinginan serta kepentingan masyarakat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

2. Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen bekerja sama menuju denuklirisasi utuh Semenanjung Korea.

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, Korut berkomitmen bekerja sama menuju ke arah pelucutan senjata nuklir sepenuhnya di Semenanjung Korea.

4. Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen mengembalikan tahanan dan orang hilang (POW/MIA) yang masih ada, termasuk merepatriasi segera orang-orang tersebut yang telah teridentifikasi.

Menyadari bahwa KTT AS-Korut-yang pertama dan bersejarah-adalah peristiwa penting yang sangat signifikan untuk mengatasi ketegangan permusuhan selama puluhan tahun antara kedua negara, Presiden Trump dan Pemimpin Kim Jong-un berkomitmen menerapkan ketentuan dalam pernyataan bersama ini secara penuh dan cepat.

Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen mengadakan negosiasi lanjutan yang dipimpin oleh Menlu AS Mike Pompeo dan pejabat tingkat tinggi Korut yang setingkat, untuk melaksanakan hasil KTT AS-Korut.

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Komisi Urusan Negara Korea Utara Kim Jong-un telah berkomitmen untuk bekerjasama mengembangan hubungan AS-Korut yang baru demi mendukung perdamaian, kesejahteraan, dan keamanan di Semenanjung Korea.

12 Juni 2018

Pulau Sentosa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya