Gempa 6,1 SR Guncang Jepang, 3 Tewas Ratusan Orang Terluka

Ilustrasi Gempa Bumi Jepang.
Sumber :
  • Kyodo / via REUTERS

VIVA – Gempa berkekuatan 6,1 skala richter menguncang kota metropolitan terbesar di Jepang Osaka, Senin waktu setempat. Gempa tersebut dikabarkan menewaskan tiga orang dan ratusan orang lainnya terluka. 

Gempa Osaka Jepang, Tak Ada WNI Jadi Korban

Dilansir dari CNN, Selasa 19 juni 2018, seorang gadis berusia sembilan tahun menjadi salah stu korban tewas. Dia terjebak di dinding yang rusak di kolam renang di sekolahnya. Dua orang korban lainnya diketahui adalah lansia. 

Menurut Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, setidaknya 214 orang terluka akibat musibah tersebut. Mereka dievakuasi ke sejumlah prefektur di selatan Pulau Honshu. 

Gempa Mematikan Guncang Osaka, Sedikitnya 3 Tewas

Selain itu, berdasarkan laporan kantor berita NHK, ada sekitar 700 orang dievakuasi di beberapa tempat. Beberapa layanan publik pun sempat terganggu akibat bencana ini. 

Petugas tim penyelamat pun mengalami kesulitan untuk mengirim logistik ke tempat-tempat pengungsian. Terlebih lagi, sejumlah infrastruktur jalan dan saluran air rusak parah karena musibah ini. Namun, tidak ada potensi Tsunami dari gempa tersebut. (asp)

Setelah Indonesia, AS dan Jepang, Kini Rusia Diguncang Gempa
Ilustrasi lokasi gempa.

Wajib Tahu Kota-kota di Indonesia yang Dilalui Sesar Aktif

Edukasi mitigasi gempa bumi harus disosialisasikan terus.

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2018