Logo BBC

Pasukan Angkasa Luar: Angkatan Keenam yang akan Dibentuk AS

 - NASA
- NASA
Sumber :
  • bbc

Presiden Donald Trump telah memerintahkan militer Amerika Serikat untuk membentuk angkatan bersenjata keenam berupa `pasukan angkasa luar`.

Dalam pidatonya, Senin (18/6), presiden AS itu mengatakan bahwa angkatan keenam akan meningkatkan keamanan nasional dan mendongkrak ekonomi dengan penciptaan lapangan kerja.

"Saya dengan ini memerintahkan Departemen Pertahanan dan Pentagon agar segera memulai proses yang diperlukan untuk membentuk pasukan luar angkasa sebagai angkatan keenam angkatan bersenjata," kata Trump, beberapa saat setelah dia membahas kebjiakan AS dan Jerman untuk imigrasi.

"Sekedar kehadiran Amerika di ruang angkasa, tidaklah cukup. Kita harus menciptakan dominasi Amerika Serikat di luar angkasa," kata Trump di Gedung Putih.

Dia juga berjanji bahwa AS akan "mengirimkan lagi (astronot) Amerika ke Bulan" dan nantinya akan mengirim orang ke planet Mars.

Trump mengatakan pula bahwa hal yang tak bisa diterima jika Cina atau Rusia unggul di ruang angkasa dan akan memerintahkan lembaga-lembaga AS untuk "menerapkan kerangka untuk manajemen lalu lintas ruang angkasa".

Detail tentang bagaimana pasukan luar angkasa baru akan seperti apa, dan apa yang tugasnya belum jelas.