Logo ABC

Australia Hentikan Bantuan Langsung untuk Palestina

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop berpidato di Markas PBB, 2015.
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop berpidato di Markas PBB, 2015.
Sumber :
  • abc

Australia telah berhenti memberikan bantuan langsung kepada Otoritas Palestina (PA), dengan Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengatakan sumbangan dapat meningkatkan kemampuan PA untuk membayar warga Palestina yang dihukum karena kekerasan bermotif politik.

Bishop mengatakan, pendanaan dipotong untuk Multi-Donor Trust Fund Bank Dunia untuk Program Pemulihan dan Pembangunan Palestina setelah menyurati PA pada akhir Mei untuk meminta jaminan bahwa bantuan Australia tidak ditujukan bagi orang yang pernah dipidana.

Australia mengirim sekitar $ 10 juta bantuan ke wilayah Palestina, dan sekarang akan mengarahkan dana melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kekhawatiran telah dikemukakan oleh beberapa politisi koalisi, termasuk Eric Abetz, bahwa uang yang dikirim melalui Bank Dunia telah digunakan untuk mendanai kekerasan di wilayah Palestina.

Bishop mengatakan dia yakin tidak ada dana Australia yang digunakan secara tidak tepat.

"Saya yakin bahwa pendanaan Australia sebelumnya kepada PA melalui Bank Dunia telah digunakan sebagaimana mestinya," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Namun, saya prihatin bahwa dalam menyediakan dana untuk aspek operasi PA ini, ada peluang bagi mereka untuk menggunakan anggarannya sendiri untuk kegiatan yang tidak akan pernah didukung oleh Australia."