Logo BBC

Setelah Kim Jong-un, Trump Mau Bertemu Presiden Negara Bebuyutan

Presiden Trump dan Presiden Rouhani bersilat lidah antara lain terkait dengan program nuklir Iran. - AFP/Getty Images
Presiden Trump dan Presiden Rouhani bersilat lidah antara lain terkait dengan program nuklir Iran. - AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menawarkan diri untuk bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani "tanpa syarat" dan "kapan pun mereka mau".

"Saya akan menemui siapa saja. Saya percaya pada pertemuan," kata Presiden Trump kepada awak media di Gedung Putih, Senin (30/06) waktu Amerika.

Pendekatan lunak Presiden Trump ini ditempuh setelah ia dan Presiden Hassan Rouhani terlibat dalam perang kata-kata awal bulan ini. Perang kata-kata juga pernah terjadi antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, tetapi keduanya kemudian rujuk dan menggelar pertemuan tingkat tinggi di Singapura pada Juni lalu.

Namun Iran bersikap hati-hati menanggapi tawaran pertemuan Presiden Trump tanpa syarat-syarat. Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani Fazli, mengatakan Teheran tidak dapat berunding dengan Trump karena tidak bisa dipercaya.

Wakil Ketua Parlemen Ali Motajhari mengatakan jika saja AS tidak menarik diri dari kesepakatan nuklir, maka tidak masalah berunding dengan Washington.

Aktivitas Iran di Timur Tengah

Pangkal persoalan antara Presiden Trump dan Presiden Rouhani adalah keputusan Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir yang membatasi kegiatan nuklir Iran sebagai imbalan atas pencabutan sejumlah sanksi internasional.