Terungkap, Penting dan Strategisnya Indonesia di Kebijakan Trump

Donald Trump Disambut PM Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara akhir pekan ini. Diperkirakan salah satu isu hangat yang akan dibicarakan dalam kunjungan ini yaitu terkait agenda perdagangan.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Deputy Director and Fellow of Southeast Asia Program CSIS Washington, Brian Harding mengatakan, pembahasan mengenai perlakuan khusus atau preferential treatment untuk produk-produk Indonesia akan menjadi salah satu agenda.

"Diharapkan akan ada resolusi yang jelas mengenai agenda ini, karena kita tahu tarif perdagangan merupakan salah satu isu besar antara Indonesia dan Amerika Serikat," kata Harding di Kantor CSIS, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2018. 

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Menurut Harding, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menganggap Indonesia sebagai salah satu pasar penting bagi Amerika Serikat meskipun level perdagangan semester ini terbilang cukup dinamis. Namun hubungan bilateral dalam hubungan perdagangan ini mengalami tren positif. 

Terkait hubungan Amerika Serikat dengan ASEAN, Harding mengatakan negara- negara di kawasan Asia Tenggara ini memainkan peranan penting. Hal ini terbukti dengan kehadiran Trump dalam pertemuan ASEAN Leaders maupun pertemuan di East Asia Summit.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Itu adalah acara yang rutin dilakukan dan turut mengundang Amerika Serikat. Kebijakan ASEAN, AS menganggap kelompok negara-negara-negara ini penting. Terbukti Trump ke acara ASEAN leaders, mereka sangat menyadari keberadaan dan posisi strategis ASEAN," ungkapnya. (ase)

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023