HUT RI 73, Pelajar dan Pendaki Tunadaksa Naik Puncak Tertinggi Eropa

Wapres JK bertemu pelajar yang akan mengibarkan bendera Merah Putih di Elbruss
Sumber :
  • Humas Tim Ekspedisi Garuda Muda

VIVA – Empat pelajar dari komunitas pencinta alam SMA Negeri 68 Jakarta (Elpala) akan mengibarkan bendera Indonesia di puncak Gunung Elbrus, Rusia, dalam rangka memperingari HUT Kemerdekaan RI yang ke-73.

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Geas Aldino, Ryan Muhammad Azizulfiqar, Salsa Khusnus Solekhani dan Timothy Jonathan yang tergabung dalam tim Ekspedisi Garuda Muda akan ditemani pendaki tunadaksa dunia asal Solo, Sabar Gorky, alumni Elpala, Fransisca Onaria dan wartawan RMOL, Widya Victoria. 

Proses persiapan ekspedisi ini telah dimulai akhir tahun lalu berupa pelatihan fisik, perizinan, peralatan termasuk dana.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Tim akan mengambil rute selatan yang merupakan jalur utama pendakian Elbrus. Pendakian menuju puncak gunung tertinggi di benua Eropa itu hingga kembali ke basecamp diperkirakan memakan waktu 5 hingga 8 hari.

"Karena akan ada aklimatisasi ke ketinggian tertentu sebelum summit attack," kata Manajer Pendakian, Dar Edi Yoga, saat audiensi tim ekspedisi Garuda Muda dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres RI sebagaimana dirilis Selasa, 8 Agustus 2018.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Wapres tampak antusias menyimak pengalaman mendaki gunung dari masing-masing pelajar.

"Gunung paling tinggi apa?" tanya Wapres.

"Saya sudah pernah mendaki gunung Merapi,  Semeru. Di Jawa Barat, gunung Gede-Pangrango. Tertinggi Gunung Carstensz di Papua," jawab Geas, pelajar kelas III SMA.  

"Kalau saya baru gunung di Jawa Barat dan Jawa Tengah, tapi yang di Papua belum," tutur Ryan yang tak jauh berbeda dengan Timothy dan Salsa.

Berbeda dengan gunung-gunung di luar negeri yang diselimuti es, kata JK, memang gunung Indonesia mayoritas tropis. Oleh karena itu, pendakian ini tentunya menjadi tantangan tersendiri.  

Tim telah dijadwalkan berangkat 12 Agustus 2018. Sementara itu JK juga sempat berdialog dengan Sabar Gorky yang mendampingi para pelajar itu.

"Pengamatan saya, anak-anak ini luar biasa seperti Geas sudah pernah mendaki Carstensz," ucap Sabar.

Promotor pendakian, Teguh Santosa, menjelaskan, Sabar sudah pernah mencapai puncak Elbrus tahun 2011 silam dari sisi utara. Kali ini Sabar akan menjajal sisi selatan tentunya bersama tim Ekspedisi Garuda Muda.
 
Di akhir pertemuan, JK pun berpesan kepada tim pendaki agar tetap menjaga kesehatan.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya