Logo BBC

Misteri Perilaku Satelit Rusia yang Membuat Amerika Serikat Bersiaga

Satelit yang dipermasalahkan itu diluncurkan pada bulan Oktober tahun lalu - Getty Images
Satelit yang dipermasalahkan itu diluncurkan pada bulan Oktober tahun lalu - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sebuah satelit Rusia misterius yang menampilkan "perilaku sangat tidak biasa" memicu kesiagaan di AS, kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri.

"Kami tidak tahu pasti apa itu dan tidak ada cara pula untuk memverifikasinya," kata Asisten Menlu, Yleem Poblete dalam sebuah konferensi di Swiss pada 14 Agustus.

Dia menyuarakan ketakutan bahwa masih mustahil untuk menentukan mungkinkah benda itu adalah senjata.

Rusia menyangkal pernyataan itu yang mereka sebut sebagai "tuduhan dan fitnah tak berdasar sekadar berdasarkan kecurigaan".

Satelit yang dipermasalahkan itu diluncurkan pada bulan Oktober tahun lalu.

"Perilaku satelit itu di orbit tidak konsisten dengan apa pun yang terlihat sebelumnya dari inspeksi di orbit atau atau dari kemampuan kesadaran situasional angkasa luar. Juga tidak cocok dengan kegiatan satelit Rusia lainnya," kata Poblete pada sebuah konferensi tentang perlucutan senjata di Swiss.

"Niat Rusia dengan satelit ini tidak jelas dan sudah tentu hal ini merupakan perkembangan yang sangat meresahkan," tambahnya. Ia mengutip pernyataan terbaru komandan Angkatan Luar Angkasa Rusia, yang mengatakan bahwa mereka memiliki tujuan utama untuk membuat "prototipe senjata baru."