Gempa Dahsyat 8,2 SR Guncang Kepulauan Fiji

Gempa 8,2 SR guncang Kepulauan Fiji di Pasifik, Minggu, 19 Agustus 2018.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 8,2 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kepulauan Fiji di Pasifik, Minggu, 19 Agustus 2018, pukul 07.19 WIB.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Informasi Gempabuni dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Minggu, 19 Agustus 2018.

Episenter gempa terletak pada koordinat 178,28 Bujur Timur dan 18.03 Lintang Selatan, tepatnya di laut pada jarak 280 km arah timur laut Pulau Ndoi, dengan kedalaman  hiposenter 566 km.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Daryono mengemukakan, gempa ini merupakan gempa dalam (deep focus earthquake) dengan hiposenter 566 km sehingga tidak berpotensi tsunami.

Mekanisme sumber yang terjadi berupa sesar/patahan turun (normal fault) yang menunjukkan gempa dalam ini dipicu adanya tarikan ke bawah dari slab (slab pull) lempeng pada sistem subduksi Tonga, di mana Lempang Pasifik menunjam ke bawah Lempeng Indo-Australia. 

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Gempa ini dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan, tetapi hanya berupa guncangan kuat dalam skala intensitas V MMI di Kepulauan Fiji.  

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024