Terungkap, Arab Pakai Bom Amerika untuk Bantai 40 Anak Yaman

Seorang ayah memperlihat jenazah anaknya yang tewas dibom Arab.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Sebanyak 40 anak-anak tewas mengenaskan, setelah bus yang mereka tumpangi dihantam bom yang dijatuhkan pesawat tempur milik koalisi perang pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Serangan Arab ke Yaman, yang terjadi pada 9 Agustus 2018, juga melukai 79 orang, 56 di antaranya anak-anak.

Berdasarkan laporan CNN, seperti dilansir The Guardian, Senin 20 Agustus 2018, terungkap bahwa bom yang dipakai Arab untuk membantai anak-anak Yaman itu merupakan bom buatan Amerika Serikat.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Bom itu dipandu dengan laser, bobot bom mencapai 227 kilogram, dibuat oleh Lockheed Martin. Arab memiliki bom jenis ini dengan cara membelinya ke Amerika.

Arab Saudi, merupakan pelanggan tunggal terbesar untuk industri senjata AS dan Inggris. AS juga mendukung koalisi dengan pengisian bahan bakar dan intelijen.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Situs investigasi Bellingcat mengidentifikasi pecahan bom, pada foto dan video yang diambil segera setelah pemboman, yang berasal dari versi laser dari bom Mk-82 yang disebut GBU-12 Paveway II.

Berdasarkan penandaan pada segmen sirip bom, Bellingcat menelusuri bom itu untuk mengirim ribuan bom ke Arab Saudi, disetujui departemen luar negeri pada 2015, selama pemerintahan Obama.

Serpihan bom MK 82 yang dijatuhkan Arab ke bus sekolah di Yaman.

Seorang juru bicara Lockheed Martin merujuk pertanyaan tentang pemboman ke Pentagon. Departemen pertahanan mengatakan pihaknya tidak membuat keputusan penargetan taktis untuk koalisi yang dipimpin Saudi tetapi memberikan dukungan untuk meningkatkan penargetan.

"Saya akan memberitahu Anda bahwa kami membantu mereka merencanakan apa yang kami sebut, jenis penargetan. Kami tidak melakukan penargetan dinamis untuk mereka," kata menteri pertahanan, James Mattis.

Laporan Bellingcat memperingatkan bahwa serpihan bom belum difoto di mana mereka jatuh, tetapi telah berkumpul bersama, meninggalkan kemungkinan bahwa mereka telah ditanam. Jurnalis dunia dan jurnalis Yaman serta ahli-ahli amunisi, sepakat menyelidiki bom yang dipakai Arab itu.

Pemerintahan Obama menawarkan Arab Saudi lebih dari US$115 miliar dalam bentuk senjata selama dua periode empat tahun, lebih dari pemerintah AS sebelumnya, menurut laporan pada 2016.

Setelah pemboman aula pemakaman pada Oktober 2016, yang menewaskan 155 orang, Presiden Obama menghentikan penjualan teknologi amunisi yang dipandu ke Arab Saudi, dengan alasan bahwa peningkatan ketepatan tidak akan menyelamatkan kehidupan sipil jika koalisi pimpinan Saudi selalu menjatuhkan bom tidak pada sasaran militer.

Para pejabat Saudi dan AS telah bersikeras bahwa upaya terus-menerus dilakukan untuk membatasi korban sipil dalam kampanye melawan pemberontak Houthi.

Tapi, berdasarkan catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan korban tewas sipil meningkat, dari April tahun ini menjadi bulan paling berdarah dari perang sejauh ini.

Menurut laporan terbaru Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, ada 17.062 korban sipil sejak 2015, termasuk 6.592 tewas dan 10.470 orang terluka.

Mayoritas korban ini 10.471 sebagai akibat dari serangan udara yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya