Logo BBC

Trump Tutup Perwakilan Palestina, Ancam Mahkamah Internasional ICC

 - AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Amerika Serikat akan menutup misi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington dan mengancam Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Luar Negeri AS mengatakan para pemimpin PLO tidak mau terlibat dengan upaya AS untuk mendorong perdamaian dengan Israel, bahkan Palestina justru berusaha untuk mendorong dilakukannya penyelidikan terhadap Israel oleh Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Secara terpisah AS mengancam untuk menjatuhkan sanksi terhadap ICC jika mereka melanjutkan upaya menyelidiki dan mempidanakan prajurit Amerika.

Saat ini ICC sedang mempertimbangkan pemidanaan terhadap sejumlah tentara AS untuk dugaan pelanggaran hukum terhadap para tahanan di Afghanistan.

Seorang pejabat senior Palestina menyebut keputusan menutup perwakilan Palestina di Amerika itu merupakan "eskalasi yang berbahaya".

PLO, organisasi perwakilan rakyat Palestina yang diakui secara internasional, membuka kantor misi mereka di AS pada tahun 1994.

Presiden Donald Trump sedang menyusun rencana perdamaian Timur Tengah yang banyak ditunggu, tetapi para pejabat Palestina telah menolak untuk terlibat dengan para utusannya sejak pada bulan Desember, dia secara kontroversial mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.