Terungkap Isi Pertemuan Diam-diam PM Israel dan Pemimpin Negara Arab

PM Israel, Benjamin Netanyahu.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Surat kabar Israel Maariv, mengungkap pertemuan rahasia antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan sejumlah pemimpin Arab. Pertemuan rahasia itu digelar di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, pekan lalu.

Jelang Idul Fitri, Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Informasi tersebut diperoleh dari Menteri Komunikasi, Ayoob Kara yang secara tak sengaja mengatakan bahwa Netanyahu secara diam-diam bertemu dengan para pemimpin Arab yang tak disebutkan namanya. Pada kesempatan itu, Netanyahu mengungkapkan kekagumannya kepada para pemimpin negara Arab.

Melman mengatakan, Netanyahu tidak hanya bertemu Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi, namun juga bertemu dengan para pemimpin Arab lainnya yang memuji keterampilan kepemimpinannya.

Mengapa Kita Harus Jeli Menyikapi Berita Boikot? Ini Alasannya

Situs Israel i24News mengutip Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi yang mengatakan kepada Netanyahu bahwa dia percaya dan bergantung padanya.

Menurut situs Israel, Netanyahu meminta Al Sisi untuk menekan Presiden Palestina Mahmoud Abbas terkait konflik Jalur Gaza.

Ramadhan Konflik di Gaza Belum Reda, Palestina Ucapkan Terima Kasih Indonesia Terus Bantu

"Pertemuan antara Netanyahu dan Al-Sisi diadakan dalam suasana yang ramah, di mana kedua pemimpin saling bertukar pandangan tentang hal-hal yang menjadi kepentingan bersama," tulis situs tersebut .

Menurut surat kabar Lebanon, Al-Akhbar, sumber mengungkapkan bahwa Al-Sisi mengusulkan kepada Netanyahu, agar Mesir menjadi tuan rumah negosiasi yang dinamakan "Kesepakatan Abad Ini".

Surat kabar itu juga mengatakan bahwa pertemuan mencakup permintaan Israel untuk mengadakan konferensi resmi lainnya di Kairo dan Sharm El Sheikh segera.

Israel menganggap, hubungan dengan rezim Al-Sisi adalah yang terbaik dengan rezim Arab lainnya. Kedua negara juga telah mencapai hubungan baik dibandingkan dengan pemerintahan Mesir sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya