Sudah Mau Damai, Korsel Minta Dunia Tidak Cabut Sanksi Korut

Republik Rakyat Demokratik Korea Utara.
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA – Pemerintah Korea Selatan menilai bahwa sanksi dunia terhadap Korea Utara harus tetap dipertahankan hingga denuklirisasi secara lengkap bisa dicapai. Sebab, sanksi itu menjadi satu-satunya garansi agar negara terisolasi tersebut menepati janjinya untuk menghapuskan program nuklir.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

"Masing-masing pihak sepakat untuk bekerja menuju denuklirisasi. Korsel memiliki sikap yang tegas dan yakin bahwa sanksi itu harus dipertahankan. Karena tanpa sanksi, kita tidak punya garansi mengenai aksi spesifik dari Korut," kata Duta Besar Korea Selatan untuk Diplomasi Publik, Bahk Sahng-hoon di Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018.

Bahk mengatakan bahwa Korea Selatan dan Amerika Serikat terus melakukan komunikasi setiap harinya oleh masing-masing negosiator untuk memastikan denuklirisasi bisa terus berjalan. Kendati demikian, masing-masing pihak tak bisa menentukan kapan waktu pasti denuklirisasi tersebut bisa rampung.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Faktanya, denuklirisasi itu membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tidak ada yang bisa memberikan waktu pasti baik itu dari sisi Korut, Korsel maupun AS. Tetapi yang penting kita memastikan proses itu terus berjalan," ujarnya.

Presiden AS Donald Trump baru-baru ini mengungkapkan keinginannya untuk bertemu kembali dengan pemimpin Korut Kim Jong-un sesegera mungkin. Keduanya telah bertemu untuk pertama kalinya pada awal Juni 2018 di Singapura.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Pertemuan kedua antara Trump dan Kim diperkirakan digelar setelah pemilu sela AS awal November 2018. Empat lokasi pilihan telah ditetapkan, namun Trump mengatakan pertemuan mereka yang kedua kemungkinan tak akan digelar di Singapura.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024