Perjuangan Ibu 2 Anak Asal Vietnam Melawan Negara Berujung di AS

Nguyen Ngoc Nhu Quynh dan anak-anaknya
Sumber :
  • Vietnam Bloggers Network

VIVA – Penulis dan blogger pula aktivis kebebasan serta demokrasi dengan nama pena Mother Mushroom akhirnya bebas dari penjara setelah menjalani hukuman sejak awal 2017. Dia sebelumnya divonis 10 tahun penjara oleh Vietnam karena dianggap menyebarkan propaganda yang melawan negara tersebut.

Maju Calon Ketum BM PAN, Aktivis Ini Diantar Pakai Bajaj

Dikutip dari laman BBC, perempuan bernama asli Nguyen Ngoc Nhu Quynh kemudian tiba-tiba bebas tanpa alasan yang rinci dari otoritas. Tak lama dia kemudian terbang ke Amerika Serikat bersama ibunya dan dua orang anaknya yang masih kecil. Disebutkan bahwa mereka sudah tiba di Houston, Texas pada Rabu, 17 Oktober 2018.

Memang diketahui bahwa belum lama ini, Menhan AS Jim Mattis mengunjungi Vietnam dan setelah Mattis meninggalkan negara itu, tak lama Mother Mushroom dibebaskan. Meski hingga saat ini belum jelas ada tidaknya relasi kedatangan Menhan Mattis dengan pembebasan sang aktivis media sosial itu.

Hong Kong Kembali Tahan Aktivis Pro Demokrasi karena Dinilai Berbahaya

Para aktivis demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) menyambut baik pembebasan Mother Mushroom. Namun, mereka mengingatkan masih banyak bahkan sekitar 100 orang yang bernasib seperti Mother Mushroom yang mendekam di penjara di Vietnam.

"Ini berita yang sangat bagus. Sudah saatnya Vietnam menguji kembali pemenjaraan yang dilakukan oleh aktivis dan orang-orang yang mengkritik rezim," kata Nicholas Bequelin dari Amnesty International.

DFW: Setengah Aktivitas Pencurian Ikan Terjadi di Laut Natuna Utara

Diketahui bahwa Mother Mushroom mulai menulis lewat blog sejak 2006 yang menyuarakan banyaknya ketidakadilan dan ketidakpedulian pemerintah atas lingkungan di Vietnam. Dia juga menjadi salah satu pendiri komunitas penulis independen bernama Network of Vietnamese Bloggers.

Bertahun-tahun vokal menuliskan kritik, Mother Mushroom pernah diganjar penghargaan dari Swedia yaitu Pembela Hak Sipil 2017 dan kemudian mendapatkan penghargaan International Women of Courage dari Kemenlu AS.

Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 Ikuti Turnamen Mini di Vietnam

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan akan mengikuti turnamen mini yang diadakan di Vietnam. Pertandingan ini direncanakan akan digelar pada tanggal 12-20 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022