Arab Saudi Mengaku Tidak Tahu Dimana Mayat Khashoggi

Video CCTV menunjukkan wartawan Khashoggi memasuki konsulat Saudi di Turki
Sumber :
  • Sumber Video BBC

VIVA – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir mengatakan, Kerajaan Saudi tidak tahu di mana jasad wartawan Jamal Khashoggi berada, meski mengakui pembunuhan tersebut dan menyebutnya sebagai 'kesalahan luar biasa'.

Pemerintah Joe Biden Dianggap Lindungi Mohammed bin Salman Atas Pembunuhan Jurnalis

Dalam sebuah wawancara, Jubeir mengatakan, pemimpin Saudi mulanya percaya Khashoggi meninggalkan Konsulat Saudi di Istanbul, di mana dia terakhir terlihat pada 2 Oktober lalu. Namun setelah menerima laporan dari Turki, pihak berwenang Saudi langsung memulai penyelidikan dan menemukan bahwa dia dibunuh di dalam gedung konsulat.

"Kami tidak tahu, dalam hal rincian, bagaimana kejadiannya. Kami tidak tahu di mana mayat itu," kata Jubeir, seperti diberitakan Channel News Asia, Senin, 22 Oktober 2018.

Warga AS Dijatuhi Hukuman 16 Tahun Penjara di Arab Saudi karena Komentari Kerajaan

Menurut Jubeir, orang-orang yang melakukan tindakan ini, telah bertindak di luar lingkup otoritas mereka. Selain itu ia mengatakan kesalahan ini merupakan sebuah upaya untuk menutupi kesalahan lainnya.

"Itu tidak bisa diterima di pemerintahan manapun. Hal ini sayangnya terjadi. Kami ingin memastikan bahwa mereka yang bertanggungjawab dihukum, dan kami memiliki prosedur untuk mencegah hal ini terjadi lagi," kata dia.

Putra Mahkota Saudi Kebal dari Pembunuhan Khashoggi, Ini Alasannya

Jubeir juga bersikeras bahwa pembunuhan ini bukan diperintahkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, meskipun ada laporan bahwa beberapa pelaku merupakan anggota pasukan keamanan dari putra mahkota Saudi.

Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman

Pengadilan AS Tolak Gugatan Terhadap MBS atas Pembunuhan Khashoggi

Bulan lalu pemerintah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa MBS akan diberikan kekebalan hukum atas kasus pembunuhan Khashoggi.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2022