Logo BBC

Dituduh Intel Qatar, Pemimpin Oposisi Bahrain Dipenjara Seumur Hidup

Sheikh Ali Salman -AFP
Sheikh Ali Salman -AFP
Sumber :
  • bbc

Pemimpin oposisi Bahrain, Sheikh Ali Salman, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena dianggap bersalah menjadi mata-mata untuk Qatar.

Putusan ini dikeluarkan hanya beberapa bulan setelah Pengadilan Tinggi Bahrain membebaskan Salman dari tuduhan "berkolusi" dengan negara pesaing.

Bahrain telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada 2017.

Amnesty International menganggap Sheikh Ali Salman sebagai tahanan hati nurani dan menyebut hukuman terhadapnya sebagai kepalsuan yang menunjukkan usaha Bahrain mengekang perbedaan pendapat.


Jaksa penuntut umum Bahrain mengatakan tiga pria itu dipenjara karena "tindakan permusuhan" terhadap Bahrain dan "menjalin komunikasi dengan pejabat Qatar ... untuk menggulingkan tatanan konstitusional". - Reuters

"Putusan ini ... menunjukkan pemerintah Bahrain terus-menerus melanggar hukum untuk membungkam segala bentuk perbedaan pendapat," kata direktur Amnesty Timur Tengah dan Afrika Utara, Heba Morayef.

"Syekh Ali Salman adalah tahanan hati nurani yang ditahan semata-mata karena secara damai menggunakan haknya untuk kebebasan berekspresi."