Logo BBC

AS Jatuhkan Sanksi Terberat Sepanjang Masa ke Iran

Anak-anak muda di Teheren ikut menunjukkan sikap mereka terhadap sanksi AS terhadap negara mereka. - Majid Saeedi/Getty Iamges
Anak-anak muda di Teheren ikut menunjukkan sikap mereka terhadap sanksi AS terhadap negara mereka. - Majid Saeedi/Getty Iamges
Sumber :
  • bbc

Amerika Serikat akan resmi menjatuhkan sanksi "terberat" terhadap Iran, Senin (05/11), di tengah unjuk rasa masyarakat Iran yang mengecam tindakan AS.

"Sanksi terhadap Iran sangatlah kuat. Ini adalah sanksi terkuat yang pernah kami terapkan. Dan kita akan melihat apa yang terjadi dengan Iran," kata Presiden AS Donald Trump.

Sanksi ekonomi AS terhadap Iran ini diawali oleh keputusan Presiden Donald Trump pada awal tahun ini yang menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

Para pengamat mengatakan sanksi terbaru AS ini akan memukul Iran, utamanya terkait ekspor minyak, perbankan, hingga pengiriman barang.

Keputusan AS ini menimbulkan reaksi warga Iran yang pada Minggu (04/11) menggelar unjuk rasa di beberapa kota. Mereka meneriakkan yel-yel " ."

Mereka mengecam sanksi ekonomi AS yang rencananya akan mulai diterapkan pada Senin (05/11).

Para pengunjuk rasa, yang dimotori kelompok garis keras, menolak upaya perundingan dengan Washington.