Pemilu AS 2018, Demokrat Kuasai DPR dan Republik Berjaya di Senat – VIVA

viva.co.id

Click to open
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Rabu, 7 November 2018 | 12:55 WIB

Pemilu AS 2018, Demokrat Kuasai DPR dan Republik Berjaya di Senat

img_title
Photo :
  • feelgrafix.com

Bendera Amerika Serikat

VIVA – Pemilu sela maupun Pemilu paruh waktu Amerika Serikat menunjukkan kekuatan Partai Demokrat dan Partai Republik semakin imbang. Hasil sementara memperlihatkan bahwa Partai Demokrat mendominasi di DPR atau kamar bawah Kongres sementara Senat akan didominasi oleh Partai Republik, partai pendukung Presiden Donald Trump.

Dikutip dari laman BBC, dominasi Demokrat di kamar bawah harus diwaspadai oleh Trump karena akan bisa menjadi ganjalan berarti dalam pelolosan kebijakannya dalam dua tahun terakhir nanti. Meskipun kuatnya Republik di Senat yang juga berwenang atas banyak hal membuat posisi Trump tak terlalu terancam.

Gambaran hasil Pemilu sela menunjukkan polarisasi yang kuat antara yang pro Trump dan yang kontra terhadapnya. Meski hal ini dianggap belum akan menunjukkan proyeksi sesungguhnya pemilih di Pemilu 2020 mendatang.

Dari hasil sementara, apabila Demokrat menguasai kamar bawah Kongres maka akan bisa mendorong investigasi lanjut terhadap skandal yang menjerat Trump hingga masalah bisnis dan pajaknya. Sementara Politikus Demokrat Alexandria Ocasio-Cortez disebut akan menjadi Anggota Kongres wanita termuda di AS yakni berusia 29 tahun yang mana dia sendiri merupakan keturunan pendatang di AS.

Lalu Politikus Demokrat Ilhan Omar dan Rashida Tlaib akan dicatat menjadi Anggota Kongres wanita Muslim pertama dalam sejarah AS yang mewakili Minnesota dan Michigan. Mereka juga diketahui merupakan pendatang ke AS beberapa dekade lalu.


 

    Muat Lainnya...