Indonesia dan Cile Kebut Ratifikasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif

Presiden Jokowi dan Presiden Cile, Sebastian Pinera
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Indonesia dan Cile sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan kelautan. Cile merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di kawasan Amerika Selatan.
 
“Tahun lalu perdagangan kita naik 22 persen dan mencapai US$278 juta. Angka ini masih sangat kecil dibanding potensi dua negara kita,” ucap Presiden Joko Widodo saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Cile, Sebastian Pinera di Singapura sebagaimana dirilis Kementerian Luar Negeri RI.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Pertemuan bilateral tersebut dilakukan di sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-33 ASEAN di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu, 14 November 2018.
 
Jokowi mengatakan, dengan level Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia-Cile, maka volume perdagangan dapat ditingkatkan secara signifikan.
 
“Saat ini kami sudah memasuki tahap akhir ratifikasi IC CEPA untuk trade in goods. Saya berharap ini dapat berlaku efektif secepatnya awal tahun depan,” ujarnya.

Selain hal-hal tersebut, kedua pemimpin negara juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang penanganan bencana alam.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap dengan keanggotaan penuh Indonesia di Financial Action Task Force on Money Laundering and Terrrorism Financing (FATF), dapat terus

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024