Logo ABC

Dari Uang Sampai Rokok: Kebiasaan Memberikan Angpao di China

Presiden Xi Jinping sudah berusaha memberantas kebiasaan memberikan angpao kepada dokter di rumah sakit.
Presiden Xi Jinping sudah berusaha memberantas kebiasaan memberikan angpao kepada dokter di rumah sakit.
Sumber :
  • abc

Meski Presiden China Xi Jinping terus melancarkan kampanye untuk memberantas kebiasaan menyuap di kalangan warganya namun keluarga pasien terus memberikan uang ribuan dolar kepada dokter dengan harapan mendapat prioritas perawatan di rumah sakit.

Hal itulah yang dilakukan oleh Peng Zhang sehari sebelum ayahnya menjalani operasi tulang belakang di Beijing, Peng Zhang memberikan uang $AUD 4 ribu (sekitar Rp 45 juta) yang dimasukkan ke dalam amplop untuk dokter yang akan melakukan operasi.

Peng Zhang (34) terkejut ketika dokter menolak pemberian itu, yang dimaksudkan agar ayahnya mendapat tindakan yang paling baik selama operasi.

Padahal biaya operasi sendiri sudah mahal yaitu sekitar $AUD 15 ribu (sekitar Rp 160 juta).

"Saya mencoba memberikan amplop merah itu lagi sebelum ayah saya keluar dari rumah sakit, namun dokter itu menolak lagi." kata Zhang.

"Dia dokter yang luar biasa baik."

Di China sudah menjadi kebiasaan pasien memberikan hadiah secara diam-diam dalam bentuk amplop merah, yang dikenal dengan nama angpao dalam bahasa China - dengan harapan dokter akan memberikan prioritas di dalam sistem layanan kesehatan yang kewalahan di negeri berpenduduk 1,4 miliar tersebut