Masjid Badshahi, Saksi Sejarah Hubungan RI dan Pakistan

Masjid Badshahi di Pakistan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA – Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Pakistan menjadi tempat untuk masjid indah nan bersejarah. Salah satunya Masjid Badshahi atau Masjid Kaisar.

Melihat Potensi Investasi Besar di Pakistan

Terletak di kota Lahore, ibu kota Provinsi Punjab, VIVA berkesempatan melihat kecantikan masjid yang dibangun pada 1673 itu. Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga lokal maupun wisatawan asing di Lahore.

Bila sudah masuk ke kawasan masjid, para pengunjung bisa melihat desain salah satu bangunan ibadah tertua umat Muslim tersebut. Dengan bangunan dan lahan yang sangat luas, masjid ini bisa menampung pengunjung hingga 95 ribu jemaah.

Pakistan Jamin Kemudahan Berbisnis bagi Investor Asing

"Masjid Badshahi merupakan salah satu dari lima masjid tua terbesar di dunia, selain beberapa masjid seperti di Spanyol, New Delhi, Damaskus, dan Turki," kata Altaf Husen, pemandu wisata di Masjid Badshahi kepada VIVA di Lahore, Pakistan, Minggu, 25 November 2018.

Saat memasuki area masjid, pengunjung akan menemukan lahan luas serta bangunan besar yang masih terjaga kelestariannya di sisi kanan dan kiri masjid. Banyak pengunjung yang datang sekadar untuk meluangkan waktu liburan maupun menunaikan ibadah salat.

Hoax Bikin Bingung Warga Pakistan Rayakan Idul Fitri

"Halaman masjid sering dipakai pengunjung untuk bersantai. Sementara di sebelah sisinya menjadi boarding house untuk pelajar maupun menjadi tempat tinggal bagi beberapa pengurus masjid," ujar Altaf.

Masjid Badshahi di Pakistan

Sementara itu, di salah satu sisi masjid, terdapat monumen yang merupakan makam dari Allama Muhammad Iqbal. Ia merupakan salah satu tokoh yang berjasa bagi berdirinya Pakistan.

Dari sisi sejarah, Presiden ke-1 RI, Soekarno pernah berkunjung ke Pakistan pada 1950 dalam rangkaian kunjungan diplomatik ke India dan Pakistan. Pada kesempatan itu, Soekarno juga menyempatkan diri untuk berkunjung dan salat di Masjid Badshahi, Lahore.

Nama Soekarno juga cukup tersohor di Pakistan, di mana ada dua tempat yang dinamai dengan nama presiden pertama Indonesia itu. Di antaranya Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya