Logo BBC

Belanda Usut Adopsi Ilegal Anak dari Indonesia dan Negara Lain

Seorang bayi yang baru lahir-AFP/Getty Images
Seorang bayi yang baru lahir-AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Belanda akan melancarkan pengusutan keterlibatan pejabat pemerintah dalam sejumlah kasus adopsi anak secara ilegal selama tiga dekade dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Investigasi itu akan pertama-tama akan berfokus pada kasus adopsi anak dari Brasil, kemudian berlanjut ke kasus dari Indonesia, Kolombia, Sri Lanka dan Bangladesh selama 1967 hingga 1998.

Perintah investigasi dipicu oleh kasus Patrick Noordoven, warga Belanda yang memanfaatkan hak kebebasan informasi untuk mengetahui jati dirinya.

Noordoven kemudian mengetahui bahwa dia diadopsi secara ilegal dari Brasil saat masih bayi pada 1980.

"Informasi ini memuat indikasi-indikasi mengenai kemungkinan bahwa seorang atau lebih yang terkait pemerintah Belanda terlibat secara aktif dalam adopsi-adopsi ilegal dari Brasil pada 1970-an dan 1980-an," kata Menteri Perlindungan Hukum Belanda, Sander Dekker, sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

"Saya memegang informasi ini dengan sangat serius. Sinyalemen mengenai keterlibatan aktif pejabat-pejabat pemerintah Belanda tidak boleh dikesampingkan," imbuh Dekker.

Indikasi yang dimaksud Dekker, antara lain, mencakup kasus-kasus di mana sejumlah pasangan Belanda diduga bepergian ke Brasil dan mengambil anak di sana.