Logo BBC

Dilecehkan Secara Seksual, 9 Pasien Wanita Gugat Tokoh Penyembuh

- AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Sejumlah perempuan mengungkapkan bahwa seorang rohaniwan Brasil yang terkenal dalam penyembuhan alternatif melalui metode spiritual, telah melakukan pelecehan seksual terhadap mereka di kliniknya.

Joao Teixeira de Faria yang dikenal sebagai Joao de Deus-Deus bearti Tuhan atau Dewa- berbasis di kota Abadiania tetapi memiliki pengikut di seluruh dunia.

Seorang fotografer Belanda, Zahira Leeneke Maus, mengatakan kepada Globo TV bahwa Joao Teixeira de Faria memanipulasinya untuk melakukan perbuatan seksual dan kemudian memperkosanya.

Dalam sebuah pernyataan terhadap Globo, kantor de Faria membantah dan menolak keras (setiap dugaan) praktik yang tidak pantas selama perawatan yang dilakukannya".

Dikatakan de Faria yang berusia 76 tahun itu justru telah menggunakan kekuatan dan daya yang dimilikinya untuk mengobati ribuan orang.

Sembilan perempuan Brasil yang identitasnya dirahasiakan juga mengatakan kepada Globo TV bahwa sang wali penyembuh itu telah menyalahgunakan mereka secara seksual dengan dalih mentransfer “energi pembersihan” kepada mereka.

Sebagian dari perempuan itu mengatakan, mereka datang kepada de Faria untuk memperoleh penyembuhan atas depresi yang mereka derita, namun dalam prosesnya mereka mengalami dugaan pelecehan itu.